Friday 5 August 2016

BAB IV
METODOLOGI PENELITIAN
4.1. Jenis Penelitian
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analitik dengan pendekatan cross – sectional, dimana variabel independen dan dependennya dikumpulkan pada saat atau periode yang sama artinya subyek penelitian diobservasi hanya satu kali saja dan dampak diukur menurut keadaan atau status pada saat ini.
4.2.  Tempat dan Waktu Penelitian
4.1.1   Tempat
Penelitian ini akan dilakukan di Puskesmas Reubee Kecamatan Delima Kabupaten Pidie.
4.1.2    Waktu
Waktu penelitian ini direncanakan akan dilakukan pada Maret  2016.
4.3.  Populasi dan Sampel 
4.3.1. Populasi
Populasi adalah keseluruhan objek penelitian yang di teliti, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Ibu Pasca Melahirkan yang ada di Wilayah Kerja Puskesmas Reubee  yang berjumlah 55 orang.




4.3.2. Sampel
Sampel adalah sebagian atau wakil populasi yang diteliti. Pengambilan sampel menggunakan rumus Slovin.
           
            n = 54,54 Orang Jadi n = 55 Orang
                        Maka jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah kurang lebih 55 Orang. Adapun tehnik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan teknik acak sederhana (simple random sampling), yaitu memilih sampel dengan cara melakukan pengundian dari jumlah populasi yang tersedia sampai ditemukan jumlah 55 orang (sesuai jumlah sampel)
4.4.  Instrumen Penelitian
Adapun instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa kuesioner. Jumlah keseluruhan pertanyaan adalah 30 butir yang menyediakan jawaban alternative dan responden hanya memilih jawaban yang sesuai dengan keadaannya pada saat penelitian. Adapun pengukuran pada koesioner penelitian ini dengan menggunakan skala likert.
4.5.  Pengumpulan Data
4.5.1. Data Primer
Pengumpulan data primer dilakukan dengan peninjauan langsung  ke lapangan dengan menggunakan kuesioner yang telah penulisi persiapkan sebelumnya.
4.5.2. Data Sekunder
Data yang diperoleh dari Puskesmas Reubee Kecamatan Delima. Serta referensi buku-buku perpustakaan yang berhubungan dengan penelitian serta pendukung lainnya.
4.6.  Prosedur dan Tehnik Pengumpulan Data
4.6.1 Uji Coba Instrumen
Setelah alat ukur selesai disusun belum berarti kuesioner tersebut dapat digunakan untuk mengumpulkan data. Untuk itu, kuesioner tersebut harus dilakukan uji coba (Trial) di lapangan (Notoadmodjo, 2005). Uji coba instrumen berupa kuesioner yang dibagikan dilakukan langsung pada perawat. Untuk mengetahui nilai validitas dan reliabilitas, yang dianalisis dengan mengunakan program komputer.
a.    Uji Validitas
Uji validitas dilakukan untuk melihat sejauh mana suatu alat ukur mengukur apa yang ingin diukur. Dan untuk mengetahui kuesioner yang telah disusun mampu mengukur apa yang hendak diukur, maka dapat diuji dengan uji korelasi antara scor (nilai) tiap tiap item dengan scor total kuesioner tersebut. Uji validitas yang dilakukan mengunakan taraf signifikasi 5% dengan 10 orang responden angka kritis adalah 0,632. Bila nilai korelasi dari pertanyaan dalam kuesioner adalah 0,632 atau diatas 0,632 maka kuesioner tersebut adalah signifikan. Hal ini berarti bahwa pernyataan itu valid. Sebaliknya bila nilai korelasi dibawah 0,632 maka pernyataan dalam kuesioner tersebut tidak valid. Tehnik korelasi yang dipakai adalah tehnik korelasi pearson producf moment coeaffisient (Notoadmadjo, 2005).  adapun tempat dilakukan uji kuesioner penelitian adalah di Puskesmas Delima Kecamatan Delima pada 10 responden.
b.    Uji Reliabilitas
Uji reliabilitas dilakukan untuk mengetahui sejauh mana suatu alat ukur dapat dipercaya atau diandalkan. Hal ini berarti menunjukan sejauh mana hasil pengumpulan itu tetap konsisten bila dilakukan pengukuran 2 kali atau lebih terhadap masalah yang sama dengan mengunakan alat ukur yang sama. Dengan mengunakan program komputer, maka nilai reliabilitas maka langsung dihitung, yaitu dengan mengunakan alpha chombach. Bila alpha lebih besar dari 0,632 maka kuesioner dinyatanya reliabel (Notoatmadjo, 2005).



4.6.2.  Prosedur Pengumpulan Data
a.    Tahap Persiapan Pengumpulan Data
Tahap persiapan pengumpulan data dilakukan melalui prosedur administrasi dengan mendapat izin dari Ketua Program Studi Ilmu Keperawatan STIKes Medika Nurul Islam Sigli. Kemudian izin dari Kepala Puskesmas Reubee.
b.    Tahap pengumpulan data
Setelah medapat izin dari Kepala Puskesmas Reubee Kecamatan Delima Kabupaten Pidie untuk melakukan penelitian, penulis mendatangi puskesmas Reubee Kecamatan Delima dan yang menjadi sasarannya adalah semua Ibu Pasca Melahirkan di Wilayah Puskesmas Reubee selanjutnya melakukan pengumpulan data dengan tahap sebagai berikut :
1)   Peneliti memperkenalkan diri dan menjelaskan maksud dan tujuan penelitian ini serta meminta kesediaan responden untuk berpastisipasi dalam penelitian.
2)   Kepada responden yang bersedia, peneliti langsung mengisi lembar persetujuan responden untuk di tandatangani oleh responden.
3)   Selanjutnya peneliti menjelaskan prosedur pengisian kuesioner setelah kuesioner dibagikan dan menunggu hingga selesai responden mengisi setiap kuesioner yang telah dibagikan.
4)   Terakhir peneliti mengucapkan terima kasih kepada responden atas kesediaannya berpastisipasi dalam penelitian yang dilakukan peneliti. Kemudian peneliti melaporkan kembali pada kepala Puskesmas Reubee Kecamatan Delima Kabupaten Pidie mendapat surat keterangan selesai penelitian.
4.7.   Pengolahan Data
Dalam pengolahan data penulis melakukan secara manual dengan mengikuti langkah-langkah (Budiarto, 2002).
a.    Editing
Editing adalah memeriksa data yang telah dikumpulkan agar dapat diolah dengan baik untuk mendapatkan informasi yang tepat.
b.    Coding
Coding adalah memberikan kode 1-15 pada setiap jawaban yang telah dibuat pada lembar jawaban untuk mempermudah pengolahan data.
c.    Tabulating
Tabulating adalah penyusunan data merupakan pengorganisasian data sedemikian rupa agar dengan mudah dapat dijumlah, disusun dan ditata untuk disajikan dalam bentuk tabel atau grafik.
4.8.Analisa Data
4.8.1. Analisa Univariat
Univariat adalah analisis yang dilakukan untuk satu variabel/variabel. Analisa univariat berfungsi untuk meringkas kumpulan data hasil pengukuran sedemikian rupa sehingga kumpulan data tersebut berubah menjadi informasi yang berguna. Peringkasan tersebut dapat berupa ukuran statistik, tabel, grafik.(Budiarto, 2012)
Analisa data dilakukan untuk masing-masing variabel yaitu dengan melihat persentase dari setiap tabel distribusi frekwensi dengan menggunakan rumus Burdiarto.(2012)
   f
p=      x 100%
  n

Keterangan:
       p = Persentase
       f = Frekuensi teramati
n = Jumlah sampel
4.8.2. Analisa Bivariat
Analisa bivariat merupakan analisis hasil dari variabel-variabel bebas yang diduga mempunyai hubungan variabel terikat. Analisa yang digunakan adalah Tabulasi Silang Untuk menguji hipotesa dilakukan analisa statistik dengan menggunakan uji data katagori Chi Square Test (CST) pada tingkat kemaknaannya adalah 95% (p ≤ 0,05) sehingga dapat diketahui ada atau tidaknya perbedaan yang bermakna secara statistik, dengan menggunakan program komputer. Melalui perhitungan uji Chi Square selanjutnya di tarik suatu kesimpulan  bila nilai P lebih kecil atau sama dengan nilai Alpha (0,05) maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang menunjukkan adanya hubungan bermakna antara variabel terikat dan variabel bebas.
Aturan yang berlaku pada uji Chi-Square (CST) untuk program komputerisasi seperti program SPSS adalah sebagai berikut:
1.    Bila pada tabel konstigensi 2x2 dijumpai e ( Harapan) kurang dari 5, maka hasil uji yang digunakan adalah fisher axact test.
2.    Bila pada tabel konstigensi 2x2 dan tidak dijumpai nilai e ( harapan) kurang dari 5, maka uji yang digunakan adalah Continuity Correction.
3.    Bila pada tabel Continuity Correction lebih dari 2x2, misalnya 3x2, 3x3 dan lain-lain, maka hasil uji yang digunakan adalah Pearson Chi Square.
4.9.  Penyajian Data
Data yang telah dikumpul akan diolah secara menual, kemudian disajikan dalam bentuk tabel distribusi untuk dinarasikan dan ditabulasi silang.      
Lanjutkan Ke Ibu Nifas Bab V




0 comments:

Post a Comment

About Me

My photo
Nama saya munawir, tinggal di aceh, sigli

BTemplates.com

Chattelblog.com
Powered by Blogger.

Popular Post